Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Dapat Dilakukan di Rumah

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Dapat Dilakukan di Rumah

Komedo yang muncul pada hidung tentunya akan membuat penampilan Anda jadi tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri inilah yang akan membuat Anda mencari cara menghilangkan komedo di hidung. Munculnya komedo bisa dikarenakan adanya penyumbatan pori-pori, perubahan hormon, hingga produksi minyak yang berlebih. 

Cara menghilangkan komedo yang mudah

Banyak cara menghilangkan komedo di hidung yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan atau teknik yang dilakukan di dokter. Ketika sedang mengalami komedo yang parah, pastikan agar tangan Anda tidak selalu memegang atau bahkan memencetnya. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan komedo.

1. Rutin cuci muka

Mencuci muka secara rutin adalah salah satu cara dalam usaha menghilangkan komedo di hidung yang bisa Anda lakukan di rumah. Setidaknya lakukanlah cuci muka sebanyak dua kali dalam satu hari, yaitu pagi hari dan malam hari. Pilih dan gunakanlah sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini dilakukan agar tidak semakin memperparah komedo Anda.

2. Gunakan masker clay

Selain mencuci muka dengan rutin, Anda bisa menggunakan masker jenis clay mask sebagai bentuk perawatan kulit yang dapat menghilangkan komedo hitam di hidung. Penggunaan masker jenis ini sangat tepat karena mampu mengurangi kelebihan minyak di wajah dan mengangkat kotoran yang menjadi penyebab pori–pori tersumbat bahkan mampu membersihkan sel–sel kulit mati.

3. Gunakan masker arang

Selain clay mask, Anda juga bisa menggunakan masker arang atau yang lebih dikenal dengan charcoal mask untuk mengangkat komedo yang membandel. Anda bisa menggunakan masker ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal dan komedo bisa menghilang dengan sendirinya.

4. Kompres uap air hangat

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres uap air hangat. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi permasalahan komedo yang mengganggu wajah Anda. Cara ini umumnya dilakukan sebagai tindakan facial di klinik kecantikan. Tujuan dari tindakan ini untuk membuka pori – pori kulit sehingga komedo mudah untuk dikeluarkan. 

5. Pertimbangkan bahan alami

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah untuk dijadikan cara menghilangkan komedo di hidung. Bahan-bahan alami yang digunakan tentunya akan lebih terjangkau dan keamanannya sudah terjamin. Meski begitu, sebelum melakukannya Anda harus sudah mengetahui risikonya karena tidak semua orang cocok untuk menggunakan bahan – bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa saja Anda jadikan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung.

  • Scrub oatmeal
    Anda bisa menggunakan campuran dari oat dengan plain yoghurt yang sudah dijadikan masker untuk menghilangkan komedo di hidung. Anda tinggal mengoleskan masker tersebut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit di wajah dan setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Madu manuka
    Manfaat madu untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi, termasuk madu manuka. Madu manuka memiliki kandungan zat antibakteri sehingga dapat mencegah munculnya jerawat dan komedo. Sama seperti menggunakan scrub oatmeal, Anda bisa mendiamkan selama 15 hingga 3o menit kemudian bilaslah dengan air hangat. 
  • Tea tree oil
    Mengandung senyawa antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat, tea tree oil juga sangat membantu dalam menghilangkan komedo di hidung. 
  • Gel lidah buaya. Selain madu, lidah buaya nyatanya memiliki manfaat besar untuk menghilangkan komedo di hidung. Hal ini karena dalam gel lidah buaya terdapat kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu mengurangi dan mencegah munculnya jerawat serta komedo.

Jadi sekarang Anda tidak perlu pusing lagi untuk mencari cara menghilangkan komedo di hidung. Anda bisa melakukan cara – cara di atas untuk mengatasi masalah komedo yang mengganggu. Tetapi jika cara tersebut sudah dilakukan dan komedo tidak kunjung membaik, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *