Kenali Berbagai Test Untuk Deteksi Covid-19

Hingga saat ini pemeriksaan covid-19 masih terus dilakukan guna mendeteksi serta memeriksa ada atau tidaknya keberadaan virus didalam tubuh seseorang. Pengetesannya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan di Indonesia sendiri, kini sudah terdapat tiga jenis test yang dapat dilakukan untuk pemeriksaan covid-19 mulai dari PCR (Polymerase Chain Reaction), test antibodi, hingga rapid test antigen.

1. PCR (Polymerase Chain Reaction)

PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan salah satu jenis pemeriksaan covid-19 yang kerap dianggap paling akurat. Test ini mampu mendiagnosis penyakit menular tertentu dengan cepat. Ia bekerja dengan menemukan DNA atau RNA patogen (organisme penyebab penyakit) atau sel abnormal yang terdapat didalam sampel yang diambil. Sampel yang dimaksud adalah lendir yang diambil melalui hidung (nasofaring) dan atau tenggorokan (orofarings). Kelebihan lain yang dipunyai metode PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah, test ini dapat menemukan bukti penyakit pada tahap awal infeksi dimana test lain mungkin melewatkan tanda-tanda awal penyakit. 

Prosedur PCR (Polymerase Chain Reaction):

– Dokter akan meminta pasien untuk membuang ingus terlebih dahulu jika ada

– Setelah itu, kepala pasien akan didongakkan dan pengambilan sampel mulai dilakukan dengan memasukkan alat tes yang berbentuk menyerupai cotton bud kecil ke dalam hidung pasien.

– Setelah dimasukkan, alat test kemudian diputar secara perlahan untuk menarik lendir yang ada disekitar hidung.

– Setelah area hidung selesai, kemudian pengambilan sampel di tenggorokan mulai dilakukan dengan memasukkan alat test kedalam pangkal lidah untuk mengambil cairannya

– Setelahnya pasien akan menggunakan masker kembali dan sampel akan diperiksa lebih lanjut

2. Test antibodi

Test antibodi merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan melihat keberadaan antibodi didalam darah untuk memastikan apakah terdapat antibodi yang spesifik terhadap virus corona (SARS-CoV-2) atau tidak didalam darah pasien. Test antibodi dilakukan dengan pengambilan sampel berupa darah yang diambil pada ujung jari atau lengan. Jika dibandingkan dengan yang lain, test antibodi termasuk jenis pemeriksaan covid-19 yang hasilnya dapat dilihat dengan cepat yaitu 15 menit setelah pemeriksaan dan ia tak hanya dapat mendeteksi antibodi darah darah untuk memeriksa covid-10 namun juga test HIV/AIDS, Hepatitis B, Demam berdarah dengue (DBD), Demam tifoid, Penyakit Rubella, Herpes, Cytomegalovirus (penyakit golongan herpes). 

Prosedur Test antibodi:

– Langkah pertama untuk melakukan  pemeriksaan test antibodi adalah  membersihkan permukaan jari menggunakan cairan pembersih atau alkohol

– Setelahnya membersihkan permukaan jari, sampel darah mulai  diambil menggunakan alat berbentuk jarum halus pada ujung jari

– Selanjutnya, sampel darah tersebut diteteskan pada alat test rapid dan diperiksa lebih lanjut

3. Rapid Test Antigen

Rapid test antigen merupakan salah satu jenis pemeriksaan covid-19 yang paling sering dilakukan hingga saat ini. Jenis pemeriksaan covid-19 satu ini dilakukan dengan prosedur yang hampir mirip dengan tes PCR yaitu memeriksa sampel yang diambil dari hidung. Meski tidak seakurat test PCR (Polymerase Chain Reaction), rapid test antigen penting dilakukan sebagai skrining awal penyakit covid-19. Hasil test nya pun tergolong cepat (15-30 menit) sehingga memudahkan pasien untuk melakukannya.

Prosedur Rapid test antigen:

– Pasien akan mengisi data kesehatan secara lengkap

– Setelah mengisi data, kemudian pemeriksaan dimulai dengan pengambilan sampel berupa lendir. Sebelum pengambilan sampel, tim medis akan meminta pasien membuang ingus terlebih dahulu jika ada. 

– Kepala pasien akan didongakkan dan pengambilan sampel mulai dilakukan dengan memasukkan alat tes yang berbentuk menyerupai cotton bud kecil ke dalam hidung pasien.

– Setelah dimasukkan, alat test kemudian diputar secara perlahan untuk menarik lendir yang ada disekitar hidung.

– Kemudian alat test dikeluarkan untuk diperiksa dan diteliti lebih lanjut.

Dapatkan layanan rapid test antigen harga terjangkau di Klinik Kenak Medika

Untuk mendapatkan layanan rapid test antigen harga terjangkau, Klinik Kenak Medika bisa jadi pilihan Anda dan keluarga. Rapid test antigen yang ditawarkan di Klinik Kenak Medika ini sudah bisa Anda dapatkan dengan Rp. 151.250.  

Mengapa layanan rapid test antigen di Klinik Kenak Medika sangat direkomendasikan?

– Waktu pemeriksaan yang bisa kapan saja (24 jam) 

– Hasil pemeriksaan yang keluar dengan cepat yaitu 15-30 menit setelah mulai pengetesan.

– Hasil pemeriksaan bisa dikirim via online yaitu melalui email.

– Biaya tes covid-19 dengan harga terjangkau yaitu hanya Rp. 151.250.

Anda bisa langsung melakukan reservasi di nomor 0811-3930-911 atau mengunjungi Klinik Kenak Medika yang berlokasi di Jalan Raya Mas, Br. Batanancak, Ubud, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *