Manfaat Santan untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

Manfaat Santan untuk Rambut dan Cara Pemakaiannya

Minyak kelapa sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya, terutama untuk perawatan rambut. Tetapi tahukah Anda bahwa santan juga menyimpan banyak jika dimanfaatkan untuk perawatan rambut? Terdapat sederet manfaat santan untuk rambut, mulai dari melembabkan, memberikan nutrisi, hingga mengurangi ketombe.

Manfaat santan untuk kesehatan dan kekuatan rambut

Banyaknya manfaat santan untuk rambut karena santan dikenal karena kandungan vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6. Tidak hanya vitamin ada juga kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh dan rambut, seperti zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menutrisi batang rambut dan kulit kepala sehingga memperkuat folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Hasilnya, rambut akan tampak lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Berikut beberapa manfaat santan untuk rambut yang perlu Anda ketahui.

1. Menutrisi rambut

Santan dikenal dapat memperkuat kutikula rambut karena memiliki kandungan asam laurat atau asam lemak jenuh. Selain asam laurat, vitamin di dalam santan juga mampu menutrisi kulit kepala dengan baik. Jika kulit kepala dan rambut ternutrisi dengan baik, tidak hanya merangsang pertumbuhan rambut, tetapi juga menyuburkan rambut. Dengan pemakaian rutin, dapat membuat rambut tumbuh subur dan lebat.

2. Melembabkan rambut

Manfaat santan untuk rambut yang paling terkenal adalah melembabkan rambut serta kulit kepala. Santan dipercaya berfungsi sebagai pelembab alami untuk rambut. Hal ini karena adanya kandungan asam lemak dalam santan.

Asam lemak pada santan tidak hanya dapat memperbaiki rambut dan kulit kepala yang kering, tetapi juga dapat menjadi pelembab alami untuk rambut yang rusak. Kulit kepala yang lembab juga dapat merangsang pertumbuhan 

3. Menghilangkan ketombe

Selain melembabkan rambut, manfaat santan lainnya adalah dapat menghilangkan ketombe. Lembabnya rambut tidak hanya dapat merangsang pertumbuhan rambut yang sehat, tetapi juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi ketombe. Apalagi santan memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu kondisi kulit kepala seperti ketombe.

Anda dapat langsung mengaplikasikan santan dengan cara menjadikannya masket, atau membeli sampo anti ketombe yang memiliki kandungan santan.

Santan kelapa sebagai masker rambut

Jika Anda tertarik melakukan perawatan alami ini, Anda dapat menggunakan santan segar atau mencampurkannya dengan bahan lain agar manfaat santan untuk rambut lebih maksimal. Namun, perlu dicatat bahwa perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya. 

Cara lainnya, yaitu dengan langsung mengolahnya sebagai masker secara langsung. Sebelum menggunakan santan sebagai masker rambut, panaskan seperempat cangkir santan terlebih dahulu. Setelah sudah agak hangat, pijat langsung pada kulit kepala selama 10 menit. 

Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga satu jam sebelum dibilas dengan sampo. Anda dapat melihat perbedaan yang signifikan jika digunakan secara teratur sekali seminggu. Rambut akan menjadi lebih halus karena santan merupakan pelembab alami.

Selain menggunakan santan segar, Anda bisa mencampurkan beberapa bahan lain seperti jus lemon untuk mengatasi kulit kepala berminyak. Madu juga bisa ditambahkan ke santan sebagai kondisioner alami yang melembutkan rambut.

Manfaat santan untuk rambut lainnya adalah mencegah kerontokan. Anda bisa mencampurkan telur dan minyak vitamin E dengan santan untuk mendapatkan manfaat ini. Telur sudah dikenal sangat baik untuk menutrisi rambut, sementara vitamin E dapat membantu santan dalam mencegah rambut rontok karena membantu melancarkan sirkulasi darah dan melawan kerapuhan pada rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *