Manfaat Suntik Vitamin D di Klinik Cakra Medika

Klinik Cakra Medika menyediakan layanan suntik vitamin, salah satunya vitamin D. Suntik vitamin D mampu meningkatkan penyerapan usus dari mineral kalsium dan fosfor, yang penting untuk struktur tulang dan kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral yang dipertahankan dalam kontrol yang sangat ketat dalam darah dan tubuh. Hal ini penting untuk menjaga fungsi banyak jaringan, seperti otot dan tulang. 

Kalsium disimpan dalam tulang dan dilepaskan ke dalam darah saat dibutuhkan. Vitamin D diperlukan untuk menyediakan kalsium yang dibutuhkan untuk disimpan dalam tulang. Vitamin D jelas memainkan peran penting dalam fungsi kesehatan seluruh tubuh, dan ketika seseorang tidak memiliki kadar vitamin kunci yang cukup dalam aliran darah, kondisi ini dapat menyebabkan masalah dengan pertumbuhan sel, fungsi saraf dan otot, dan metabolisme glukosa.

Sejak merebaknya COVID-19, suplementasi vitamin D maupun suntik vitamin D menjadi semakin penting dan dicari banyak orang. Ada beberapa penelitian bahwa kadar vitamin D yang cukup dapat mencegah seseorang tertular SARS-CoV-19, dan jika seseorang dinyatakan positif COVID-19, gejalanya mungkin lebih parah jika mereka kekurangan vitamin D.

Ada banyak manfaat suplementasi vitamin D, yang dapat dilakukan secara oral, atau injeksi dapat diberikan secara intramuskular di Klinik Cakra Medika. Biasanya, suplemen yang disuntikkan akan lebih cepat terserap ke dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaatnya akan terjadi lebih cepat dibandingkan dengan asupan vitamin D secara oral. Cara penyuntikan juga tidak memerlukan aturan yang ketat, sehingga pasien dapat menjalani kehidupan sehari-hari tanpa harus khawatir.

Manfaat potensial dari suntikan vitamin D3:

– Tulang dan gigi lebih kuat dan sehat

– Mengurangi risiko patah tulang

– Peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh

– Perlindungan terhadap penyakit jantung

– Peningkatan gairah seks pada wanita dan pria

– Mengurangi risiko hipertensi, karena Vitamin D mengurangi tekanan darah sistolik

– Mengurangi risiko yang terkait dengan obesitas

– Kenaikan kadar glukosa yang lebih rendah, yang dapat menurunkan risiko diabetes

– Memperbaiki gejala depresi, karena vitamin D dapat meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin dan dopamin yang meningkatkan suasana hati Anda

– Pengurangan risiko penurunan kognitif, terutama di kalangan populasi lanjut usia, adalah salah satu manfaat injeksi vitamin D3 yang penting

– Mengurangi risiko penyakit Parkinson

– Mengurangi risiko Multiple Sclerosis

– Mengurangi risiko Influenza A

– Mengurangi risiko bakterial vaginosis, terutama pada wanita hamil, kekurangan vitamin D meningkatkan risiko bakterial vaginosis

– Mengurangi risiko gangguan dasar panggul

– Perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia (AMD)

– Perlindungan terhadap gangguan afektif musiman (SAD)

– Meningkatkan gejala sindrom kaki gelisah

– Meningkatkan vitiligo dan psoriasis

Untuk sebagian besar pasien, disarankan agar Anda menerima 1-3 suntikan per tahun, yang diberikan dengan interval terbagi. Namun, frekuensinya bervariasi, tergantung pada keadaan spesifik pasien seperti riwayat medis dan profil darah pribadi. Jika Anda memiliki kasus kekurangan vitamin D yang lebih parah, misalnya, dokter di Klinik Cakra Medika mungkin merekomendasikan suntikan yang lebih sering.

Jika Anda sudah tahu bahwa kekurangan vitamin D, atau Anda telah mengkonfirmasi kekurangan vitamin D dengan tes darah, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter di Klinik Cakra Medika sebelum melakukan suntik. Suntikan vitamin D3 dapat membantu Anda merasakan lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *