Minyak Telon My Baby dan Tips Mandikan Bayi

Banyak orang tua baru mengkhawatirkan proses memandikan bayi pasca persalinan. Memandikan bayi memang gampang-gampang sulit. Perlu sejumlah trik agar bayi bisa dimandikan dengan aman dan tubuhnya menjadi bersih. 

Sejumlah peralatan dan perlengkapan pun Anda butuhkan untuk memandikan si kecil. Bukan hanya bak mandi dan sabun, penggunaan minyak telon My Baby ataupun produk lainnya bisa dipertimbangkan guna membuat si kecil merasa hangat setelah proses mandi dilakukan. 

Mengenai cara mandinya sendiri, tidak seharusnya Anda terlalu memusingkannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memandikan bayi secara nyaman dan aman. Anda patut banget mencoba tips-tips ini!

Tidak Perlu Mandi Tiap Hari 

Bayi yang baru lahir tidak terlalu kotor. Jadi, Anda pun sebenarnya tidak perlu memandikannya setiap hari. Yang Anda perlu lakukan secara sering adalah membersihkan pantat bayi secara menyeluruh setiap kali mengganti popok. Untuk proses memandikannya sendiri, Anda hanya perlu melakukannya 2—3 kali dalam seminggu. Begitu juga dengan keramas. Anda tidak perlu membasahi dan memberikan sampo di rambutnya setiap hari. Cukup keramasi si kecil jika Anda melihat kulit kepala mulai kotor dan rambut mulai kusam. Mandi dan keramas yang tidak terlalu sering justru bisa menjaga kelembapan kulit bayi yang masih sensitif. 

Mandikan di Ruangan Hangat 

Pastikan Anda memandikan bayi di ruangan hangat. Suhu ideal untuk bayi berkisar 23—25 derajat Celcius. Anda bisa menaikkan suhu pendingin udara jika memang menggunakannya. Pastikan pula Anda menghindari tempat terbuka untuk memandikan bayi karena bisa membuatnya masuk angin. 

Pastikan Suhu Air 

Selain suhu ruangan, Anda juga harus memperhatikan suhu air ketika hendak memandikan sang buah hati. Bayi yang baru lahir belum bisa mandi dengan air dingin. Anda sebaiknya memandikannya dengan air hangat. Temperatur yang disarankan untuk air mandi bayi berkisar 32 derajat Celsius. Tidak perlu menyiapkan banyak air. Bayi yang berusia di bawah 3 bulan bahkan hanya perlu mandi di bak berisi air maksimal 7 sentimeter untuk mengurangi risiko tenggelam. 

Cukup Sedikit Sabun Bayi 

Tentu Anda perlu menyiapkan sabun sampai minyak telon terbaik untuk si kecil. Sabun dan minyak telon My Baby adalah pilihan yang tepat. Ketika memandikan anak, jangan menuang sabun terlalu bayi. Cukup tuangkan 3—5 mililiter sabun guna diusapkan ke seluruh tubuh si kecil. Sabun yang terlalu banyak justru bisa melukai kulit bayi yang masih sangat sensitif. 

Seka dengan Spons Lembut 

Gunakanlah spons atau waslap untuk menyeka badan bayi saat ia mandi. Pastikan waslap dan spons yang Anda gunakan bertekstur sangat lembut untuk mencegah kulit bayi mengalami iritasi.  Saat menyeka pastikan untuk memeriksa di belakang telinganya, di antara jari tangan dan kakinya, di bawah lengannya, dan di lipatan leher dan pahanya karena biasanya debu dan kotoran sering menempel di area-area lipatan tersebut. 

Beri Waslap Hangat di Perut 

Bayi terlihat kedinginan saat mandi, walaupun dengan air hangat, itu wajar. Anda bisa mengurangi gejalanya dengan menempatkan waslap basah yang hangat di atas perut bayi Anda selama mandi. Ini cukup efektif membantu mencegahnya kedinginan. Jangan lupa setelah selesai mandi, berikan pula penghangat di area perut. Salah satu pilihannya adalah minyak telon My Baby. 

Topang dengan Hati-hati 

Perlu kehati-hatian dalam memandikan bayi baru lahir. Kuncinya adalah Anda harus selalu menopang bagian leher dan kepala bayi. Pasalnya, kedua bagian tersebut masih sangat lemah dan bisa menimbulkan masalah jika tidak tertolong dengan baik. 

Keringkan dengan Menepuk 

Setelah merendam dan membilas bayi sampai bersih, segera bungkus bayi dengan handuk kering agar ia tidak kedinginan. Ketika mengeringkan badan si kecil dengan handuk, hindari gerakan menggesek. Anda hanya perlu menepuk-nepuk tubuh bayi dengan lembut untuk proses pengeringannya. Cara ini bisa menjaga kelembapan kulit bayi dan menghindari iritasi. 

Mulai sekarang, hilangkan stigma bahwa memandikan bayi itu sulit. Memandikan bayi bisa menjadi gampang asal Anda memiliki peralatan tempur dan ilmu yang memadai. Minyak telon My Baby adalah salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *