Peluang Kerja Dokter Gigi Jakarta Timur

Jakarta Timur adalah salah satu daerah metropolitan di Indonesia yang memiliki keanekaragaman tinggi termasuk perihal pekerjaannya. Salah satu pekerjaan yang ditemukan di banyak daerah adalah dokter gigi Jakarta Timur.

Di kota besar, peran dokter gigi sangatlah penting. Penduduk di kota metropolitan cenderung memiliki gaya hidup yang lebih beraneka sehingga membutuhkan perhatian yang lebih serius pada kesehatan, salah satunya kondisi gigi. 

Dokter gigi Jakarta Timur merupakan tenaga medis yang bertugas sehari-hari pada pemeriksaan serta perawatan gigi dan juga kesehatan mulut pasien. Dokter gigi juga bekerja dengan hati-hati melalui diagnosa yang disiplin untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang gigi atau rongga mulut.

Peran dan Tanggungjawab Dokter Gigi

Menjadi seorang dokter gigi butuh tanggungjawab yang besar. Berikut peran seorang dokter gigi beserta tanggung jawabnya:

  1. Standar Pelayanan

Dokter gigi Jakarta Timur harus melakukan pelayanan sesuai standar operasional agar sesuai dengan kebutuhan pasien.

  1. Diagnosis

Dokter gigi bertanggungjawab dalam melakukan diagnosis pada pasien serta memberikan pengobatan pada penyakit atau kelainan gigi pasien.

  1. Penjelasan yang Akurat

Pasien harus mendapatkan penjelasan yang tepat dan akurat dari dokter gigi. Penjelasan ini harus bisa dipertanggungjawabkan,

  1. Mencegah Infeksi Silang

Dokter gigi juga berperan dalam mencegah terjadinya infeksi silang yang dapat membahayakan stuff ataupun masyarakat.

  1. Merujuk Pasien

Jika dirasa tidak memiliki kemampuan dalam menangani pasien, dokter gigi harus melakukan rujukan untuk pasien kepada dokter lain agar mendapatkan penanganan sebaik mungkin. 

  1. Amanah

Dokter gigi bertanggungjawab dalam menjaga keamanan data rekam medis pasien agar tidak tersebar luas. Serta melindungi pasien dari kemungkinan mengalami kerugian. 

  1. Kerjasama Team

Dokter gigi Jakarta Timur tentunya memiliki team untuk melakukan pekerjaannya. Antara satu tenaga kesehatan dengan lainnya haruslah saling bekerjasama dengan kompak. 

Peluang Kerja Dokter Gigi

  • Rumah sakit

Peluang bekerja di rumah sakit sebagai tujuan yang paling banyak dicari untuk gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg). Rumah sakit baik milik pemerintah, swasta maupun puskesmas merupakan tempat bisa ditemui dokter gigi.  

  • Kedokteran Gigi Anak

Khusus untuk peluang ini memang berfokus pada perawatan gigi usia anak. Dokter gigi bertugas dalam melakukan pencegahan, pengobatan, juga perawatan pada gigi serta rongga mulut anak-anak.

  • Lembaga Penelitian

Bagi dokter gigi yang menyukai dunia penelitian, bekerja di sebuah Lembaga penelitian akan cocok. Selain itu, melalui Lembaga penelitian, kemampuan dokter gigi juga akan makin terasah dan meningkat. 

Dari sudut pandang pendapatan, bekerja di Lembaga penelitian memiliki keuntungan yang lebih menarik. 

  • Instansi Pemerintahan

Ada banyak instansi pemerintahan yang bisa dijadikan peluang untuk lulusan dokter gigi. Melalui perusahaan swasta, dokter gigi akan dapat membantu banyak pasien yang membutuhkan perawatan. Perusahaan pasta gigi ataupun perusahaan terkait perawatan kesehatan lainnya bisa dijadikan peluang.

  • Klinik Sendiri

Selain bergabung dengan berbagai lembaga atau instansi, dokter gigi juga bisa membuka klinik milik sendiri. Apabila telah memiliki modal cukup, dokter gigi bisa mendirikan klinik dengan lebih dulu mengantongi surat izin yang telah ditentukan. 

Atau selain mendirikan sendiri, dokter gigi juga bisa bekerjasama dengan teman sejurusannya untuk mendukung klinik bersama. 

 Nah, itulah tadi peran, tanggungjawab dan juga dimana saja peluang kerja dokter gigi.

Tetap perhatikan kesehatan gigimu jika tidak ingin menderita karena kerusakan. Lakukan juga pemeriksaan rutin pada gigi dan rongga mulut untuk mengetahui kondisi kesehatannya melalui dokter gigi Jakarta Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *