Synbio: Manfaat, Dosis, dan Aturan Pakai

Jika orang-orang mengenal probiotik (mikroorganisme atau bakteri baik di usus) dan prebiotik (makanan untuk bakteri baik), kini juga ada istilah sinbiotik. Sinbiotik merupakan produk yang mengandung campuran probiotik dan prebiotik. Istilah sinbiotik sebenarnya sudah ada sejak tahun 1995, namun penggunaannya baru meningkat akhir-akhir ini. 

Synbio merupakan salah satu suplemen kesehatan berupa sinbiotik yang bisa ditemukan di Indonesia. Synbio diproduksi oleh Kalbe dan berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat lengkap, dosis, aturan pakai, serta kemungkinan efek samping setelah menggunakan suplemen Synbio

Synbio Itu Apa?

Synbio merupakan suplemen sinbiotik dan berbeda dengan suplemen prebiotik maupun probiotik. Synbio mengandung prebiotik sekaligus probiotik dalam satu kapsul. Sinbiotik dikembangkan karena probiotik sulit bertahan hidup ketika melewati usus, sehingga dibutuhkan prebiotik agar mikroorganisme baik tersebut sampai di usus dengan kondisi hidup dan sehat. 

Probiotik yang terkandung dalam Synbio adalah bakteri baik Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini sebenarnya juga hidup secara alami di pencernaan manusia dan berperan untuk menjaga keseimbangan biota dalam usus dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan. 

Selain itu juga dikombinasikan dengan bakteri baik Bifidobacterium longum untuk menjaga fungsi saluran cerna. Adapun prebiotik dalam Synbio adalah  frukto oligosakarida (FOSGOS). FOSGOS umum dijadikan sebagai pemanis yang rendah kalori dalam beberapa makanan dan minuman. 

Manfaat dan Kegunaan

Mengonsumsi prebiotik dan probiotik secara terpisah dapat membawa manfaat yang banyak, apalagi jika keduanya dikombinasikan dalam bentuk sinbiotik. 

Suplemen Synbio diindikasikan untuk:

  • Menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan
  • Membantu proses metabolisme
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak
  • Melancarkan buang air besar termasuk mencegah sembelit
  • Mencegah berbagai gangguan pencernaan, seperti perut kembung, diare, penyakit radang usus atau irritable bowel syndrome (IBS), dan gangguan usus lainnya
  • Dapat dimasukkan dalam terapi pengobatan pasien diabetes
  • Membantu mencegah obesitas dan risiko terkait obesitas

Walaupun belum ada bukti penelitian bahwa sinbiotik lebih efektif daripada mengonsumsi prebiotik dan probiotik, namun keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat sekaligus jika mengombinasikan keduanya secara bersamaan. Selain itu, Anda tak perlu repot mengambil dua suplemen yang berbeda. 

Dosis dan Aturan Pakai

Synbio bisa diberikan pada anak berusia di bawah 1 tahun hingga orang dewasa. Namun pada anak berusia lebih muda, Synbio harus digunakan sesuai anjuran dokter. 

Adapun dosis konsumsi Synbio adalah sebagai berikut:

  • Anak berusia 1-12 tahun: Konsumsi 1 kapsul sehari sebelum makan
  • Anak di atas 12 tahun dan dewasa: Konsumsi 2 kapsul sehari sebelum makan

Bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin mengonsumsi Synbio disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Efek Samping

Synbio memiliki efek toksisitas yang rendah dan hampir tidak memiliki efek samping, namun Anda bisa saja mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram, dan diare setelah mengonsumsi Synbio. Efek samping ini disebabkan oleh kandungan FOSGOS dalam Synbio. 

Synbio juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Hindari penggunaan jika Anda alergi atau sensitif terhadap salah satu komponen dalam produk. 

Synbio merupakan suplemen kesehatan yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang baik oleh anak-anak (harus sesuai anjuran dokter) maupun orang dewasa. Namun, jangan terlalu terfokus hanya pada suplemen kesehatan ini. Anda tetap harus mengonsumsi makanan kaya prebiotik dan probiotik untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *